Mendaki bukan Wisata (bukan mawar part.2)

saat ini saya sedang duduk, duduk di kursi, ada meja di depan saya dan tentu saja ada leptop. iya.. saya sedang di kantor, jangan nanya kenapa saya jadi mengantor lagi, karena saya sedang males njelasinnya. kapan-kapan saja saya jelasin, itu klo kalian masih pengen tau.

saya juga ndak lagi mau ngomongin mawar, ya lagi ndak mau aja, kasihan ntar mawar disana ndak tenang hidupnya diomongin orang di negaranya sendiri.

tadi saya sedang pup, kenapa saya pup? ya karena kebelet. di pup tadi ndak kepikiran si mawar, ya ngapain juga mikirin si mawar pas pup. tadi itu saya kok kangen, iya kangen naek gunung, kangen jalan pelan2 nggendong tas segede gaban, berpeluh, ngos-ngosan. duduk dulu nyante nikmatin hutan yang tenang, ya kangen itu saya. tapi kok saya pikir-pikir udah susah mau kyk gitu, bukan susah tenaga, saya masih kuat lah bawa tas tapi ya yang lebih kecilan dikit. bukan juga susah napas, saya emang pendaki selow, ndak buru2 nyampe yang penting enjoy. yang penting juga udah nyiapin fisik sebelum naek.


yang susah itu nikmati perjalan di hutan yang tenang hening, bukannya saya ndak mau ketemu manusia di hutan, bagi saya naik gunung ya karena cari tempat hening jauh dari hiruk pikuk manusia. klo memang saya mau nyari manusia ya di kota saja ada banyak. jadi gunung sekarang gak lagi sunyi, gunung bukan lagi tempat perenungan hidup, gunung sekarang jadi tempat kekinian untuk menghitskan hidup.

ya saya si ndak nglarang-nglarang naek gunung ya, tapi mbok ya dimaknai dulu hakekat naek gunung itu apa, naek gunung ndak cuman sekedar hore-hore, bawa bekal foto-foto sana sini, selfa selfi lalu turun kemudian ngapdet status "sudah menaklukan mt. ini mt. itu". belum lagi yg kiram kirim salam, ndak sekalian rekuest lagu? buat someone di somewhere salam dari puncak nganu, kapan kita maen kesini?

sebenernya ya gitu-gitu ya ndak papa juga, tapi ya itu mbok ya jangan cuman itu tujuannya. kok klo saya pikir-pikir jadinya pada ngejar puncak, pokok e puncak klo ndak puncak emoh. klo ndak puncak sediih, curhat di sosmed.

mendaki gunung itu bukan wisata, beda..
mendaki gunung itu butuh persiapan matang, ndak asal datang bawa uang dan kamera. persipan mendaki gunung juga banyak, harus nyiapin perlengkapan buat mendaki fisik juga harus dipersiapkan sebelum mendaki, karena disana nanti ndak ada ojek, ndak tau lagi klo GOjek udah merambah gunung sekarang.
klo ndak melakukan persiapan fisik sebelum mendaki rentan cedera dan fisik yang drop. klo wisata ya gampang tinggal sewa hotel, tinggal beli obat atau sekalian nginep di rumah sakit. klo digunung?? turun dulu, klo udah ndak bisa jalan gimana? ya nunggu orang buat nandu kalian..
jangan meremehkan gunung
karena alam gak pernah bisa ditaklukan, kita hanya bisa menyiasati..

ya kita cuman bisa menyiasati dengan alat yg kita bawa, bekal, pengetahuan.
mungkin saat itu gak terjadi apa-apa, tapi kita ndak akan pernah tau alam akan seperti apa.

jadi ndak papa klo mo ikut-ikutan ngehits naek gunung, tapi menyepelekan, karena mendaki gunung bukan wisata.


Bandung, di saat jam kantor
24/8/2015








2 komentar:

  1. Sayangnya banayak pendaki karbitan nih, ngeselin tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dan kita dulu juga pernah jadi karbitan,. :)
      mari kita saling mengedukasi :)

      Hapus

Baca Juga

Embun awan #1

Satu persatu barang bawaan yang terbungkus rapi di masukan kedalam tas ransel yang telah dibelinya setahun yang lalu dan jarang dipergunaka...

Paling banyak di baca