Persiapan Fisik Sebelum Pendakian Gunung


[img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP6ErExcDIT-mudzjT-7mthY-iE1hE4QQCHhyphenhyphenPVq_SBgwwxQTFMUE9nxqb5Y-aDtfQv6TZP6nxQF4ju36iwazAQC9anJzX7KQ7JueXuEYa8WzvOav3LzW6xBX34p7bXVHKi0hYggdTDwg/s1600/100_7765.JPG" alt="Persiapan fisik sebelum mendaki gunung"]
Persiapan Fisik Sebelum Pendakian Gunung 
 Pendakian gunung merupakan kegiatan yang banyak menguras tenaga, sehingga dibutuhkan stamina yang lebih bagi seorang pendaki untuk melakukan pendakian. Lakukan latihan fisik dengan berolahraga secara rutin untuk meningkatkan stamina  saat pendakian gunung, dan yang paling penting agar tubuh tidak kaget dengan aktifitas kita saat pendakian nanti. Persiapan fisik apa saja untuk mendaki gunung? Berikut beberapa latihan untuk persiapan mendaki yang dilakukan minimal selama 2 minggu sebelum pendakian:


·         Lari / jogging
Ini merupakan latihan dasar yang menunjang dalam pendakian, latihan ini berguna untuk melatih pernafasan kita dan juga melatih otot betis, karena kegiatan pendakian akan lebih banyak pergerakan kaki dan menguras stamina karena jalan yang menanjak.


·         Naik turun tangga
Mendaki Gunung tentu saja akan berjalan menanjak saat berangkat dan berjalan turun saat pulang, oleh karena itu untuk melatuh otot kaki lakukan latihan dengan lari menaiki dan menuruni tangga secara rutin.


·          Push up
Dengan push up akan melatih otot lengan bagian atas, bahu dan punggung yang terkain dengan endurance dan ketahanan kita terutama  saat kita membawa tas cerier dalam pendakian.

·         Jongkok berdiri
Lakukan gerakan jongkok berdiri secara berulang-ulang, cara ini untuk melatih otot kaki kita terutama paha saat menahan beban saat mendaki maupun menuruni gunung.

·         Berdiri jinjit-jinjit
Lakukan gerakan jinjit-jinjit dengan berdiri secara berulang-ulang, gerakan ini melatih sendi kaki menahan beban saat berjalan mendaki maupun menurun.

Latihan fisik tersebut selain untuk meningkatkan stamina kita agar kita kuat saat mendaki juga untuk mengurangi resiko cedera terutama pada kaki. Karena otot-otot kaki telah terlatih dengan gerakan-gerakan yang rutin sehingga dalam pendakian yang berat, otot-otot kaki telah terbiasa dengan gerakan tersebut.

Semua adalah latihan dasar yang bisa kita lakukan dimana saja, yang intinya membuat tubuh kita bugar dan agar tidak terkejut akan perubahan aktivitas kita nanti. dan agar pendakian lebih nyaman dan aman lakukan persiapan mendaki gunung dengan baik.

Selain persiapan fisik tersebut di atas, perlu kita ketahui juga perihal kawasan gunung yang akan kita daki agar kita paham mana yang boleh mana yang tidak boleh kita kunjungi hanya untuk sekedar berwisata dan agar kita juga tahu kenapa ada aturan itu.

Selamat mendaki.

2 komentar:

  1. Salam kenal min.....

    Artikelnya menarik sekali...
    Kalau boleh tau nie... Apa ada tutorial senam pemanasan yang baik untuk rutinitas setiap hari? dan baju senam apa yang direkomendasikan?

    Thanks buat jawabannya dan sukses selalu :)

    BalasHapus
  2. @ jauharotul: salam kenal, thanks udah nyasar di blog saya., heheheee.,
    Secara basic keilmuan dan kapasitas saya tdk bisa mnjawab pertanyaan anda dgn tepat., hehehee., modal saya cman manusia yg pernah olahraga., heheheee.,
    Klo baju saya biasany pake baju olahraga yg ada dipasaran, secara spesifikasi saya jg krg tau., :)
    Smoga bukan jawaban dr pertanyaan anda ini dpt sdikit memuaskan.. Hehe
    Salam

    BalasHapus

Baca Juga

Embun awan #1

Satu persatu barang bawaan yang terbungkus rapi di masukan kedalam tas ransel yang telah dibelinya setahun yang lalu dan jarang dipergunaka...

Paling banyak di baca